Assesmen
Kinerja
Asesmen Kinerja yaitu penilaian
terhadap proses perolehan penerapan pengetahuan dan keterampilan melalui proses
pembelajaran yang menunjukan kemampuan siswa dalam proses dan produk. Asesmen
kinerja merupakan suatu prosedur yang menggunakan berbagai bentuk tugas-tugas
untuk memperoleh informasi tentang apa dan sejauh mana yang telah dilakukan
dalam suatu program. Pemantauan didasarkan pada kinerja (performance) yang ditunjukkan dalam menyelesaikan suatu
tugas atau permasalahan yang diberikan. Hasil yang diperoleh merupakan suatu
hasil dari unjuk kerja tersebut. . Asesmen kinerja terutama sangat
sesuai dalam menilai keterampilan proses sains. Keterampilan proses siswa yang
dapat dinilai meliputi keterampilan proses intelektual (seperti keterampilan
observasi, berhipotesis, menerapkan konsep, merencanakn serta melakukan
penelitian, dan lain-lain). Asesmen kinerja sangat tepat bila digunakan dalam
kegiatan praktikum biologi. Bentuk asesmen kinerja yaitu kinerja klasikal,
asesmen kinerja kelompok, asesmen kinerja personal.
Menurut Hibbard, 1995 (dalam nur,2001) tugas-tugas kinerja menghendaki :
1. Penerapan konsep-konsep dan informasi penunjang penting lainnya
2. Budaya kerja yang penting bagi studi atau kerja ilmiah.
3. Penampakan ketidakbutaan ilmiah(literat sains).
1. Penerapan konsep-konsep dan informasi penunjang penting lainnya
2. Budaya kerja yang penting bagi studi atau kerja ilmiah.
3. Penampakan ketidakbutaan ilmiah(literat sains).
Komponen dari asesmen kinerja menurut Nur (2001) meliputi :
1. Tugas-tugas yang menghendaki siswa menggunakan pengetahuan dan proses yang telah mereka pelajari.
2. Daftar cek yang mengidentifikasi elemen-elemen tindakan atau hasil yang diperiksa
3. Seperangkat deskripsi dari suatu proses dan/atau suatu kontinum nilai kualitas (rubric) yang digunakan sebagai dasar untuk menilai keseluruhan kerja.
4. Contoh - contoh dengan mutu yang sangat baik sebagai model bagi pekerjaan yang harus dilakukan
1. Tugas-tugas yang menghendaki siswa menggunakan pengetahuan dan proses yang telah mereka pelajari.
2. Daftar cek yang mengidentifikasi elemen-elemen tindakan atau hasil yang diperiksa
3. Seperangkat deskripsi dari suatu proses dan/atau suatu kontinum nilai kualitas (rubric) yang digunakan sebagai dasar untuk menilai keseluruhan kerja.
4. Contoh - contoh dengan mutu yang sangat baik sebagai model bagi pekerjaan yang harus dilakukan
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking