PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : II (dua) I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema : Hewan dan Tumbuhan
MAKHLUK HIDUP DAN
PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
|
- Menyebutkan
bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan).
- Menjelaskan
kegunaan bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan berdasarkan
hasil pengamatan.
|
|
5 jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Menggambar
secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
- Menirukan
berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya
- Memperagakan
cara hewan bergerak berda-sarkan pengamatan. Misalnya : menggunakan kaki,
perut, sayap (terbang), dan sirip.
|
|
2 jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tema
: Kegemaran
- Menunjukkan bagian utama tumbuhan (akar,
batang, daun, bunga dan buah/biji) berdasarkan hasil pengamatan.
- Menggambar
bagian utama tumbuhan secara sederhana.
|
|
3 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : II (dua) I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema : Rekreasi
MAKHLUK HIDUP DAN
PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1,2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran)
dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
|
- Menceritakan
perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh
berdasarkan hasil pengamatan.
- Mewarnai gambar pertumbuhan hewan. Misalnya
: anak ayam menjadi ayam dewasa.
- Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya.
- Menceritakan perubahan yang terjadi pada
biji-bijian yang ditanam.
|
|
9 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : II (dua) I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema : Lingkungan
MAKHLUK HIDUP DAN
PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.3. Mengidentifikasi berbagai tempat makhluk hidup
(air, tanah, dan tempat lainnya).
|
- Menunjukkan
tempat hidup makhluk tertentu.
- Menjelaskan
hewan yang hidup di darat.
- Menjelaskan
hewan yang hidup di air.
- Memberi
contoh tumbuhan yang hidup di darat.
- Memberi
contoh tumbuhan yang hidup di air.
- Memberi
contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain.
|
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : II (dua) I
Standar Kompetensi : 1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Tema : Kebersihan dan Kesehatan
MAKHLUK HIDUP DAN
PROSES KEHIDUPAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.4.
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan mem-bahayakan.
|
- Memberi
contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan.
- Memberi
contoh berbagai hewan yang merugikan bagi manusia.
- Memberi
contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.
|
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala Sekolah SD/MI Guru Kelas / Guru MP
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking